Quantum Systems Indonesia

PT Agincourt Resources Meningkatkan Kualitas Safety Pekerjaan Aerial Survey Dengan Quantum Systems Trinity F90Plus

May 30, 2023Berita & Portofolio0 comments

Tepat pada tanggal 24 Mei 2023 sampai dengan tanggal 27 Mei 2023, PT Quantindo Widjaya Adhirajasa berkunjung ke Site Tambang Emas Martabe yang dikelola oleh PT Agincourt Resources untuk melaksanakan delivery 2 (dua) unit Trinity F90Plus. Pengujian pun dilakukan untuk menjawab beberapa permasalahan pada kegiatan akuisisi data aerial survey yang selama ini telah dijalankan oleh PT Agincourt Resources, diantaranya adalah terkait safety dan juga kualitas hasil data yang dihasilkan.

Pengujian/ commisioning test terhadap 2 (dua) unit Trinity F90Plus ini dilakukan awalnya dari titik take off yang ditentukan oleh tim survey PT Agincourt Resources guna menjangkau keseluruhan Area of Interest (AOI) yang selama ini menjadi objek Ijin Usaha Pertambangan (IUP) yang disurvei. Setelah tim melakukan orientasi, mengingat ini adalah area baru yang dihadapi oleh tim, disimpulkan untuk beberapa Area Of Interest dapat dilakukan pada 1 titik. Namun ada beberapa area yang akan terkendala LINK LOSS (masuk dalam kategori Penerbangan Tidak Normal), meskipun hanya dalam radius 4-5 kilometer, karena adanya halangan bukit, atau posisi Trinity F90Plus berada dibawah altitude take off.

Pada hasil pengujian ini, seluruh fitur Trinity F90Plus dicoba. Dan yang paling dibutuhkan oleh tim surveyor adalah posisi TRANSITION CONE yang dapat di lock, sehingga mengunci jalur terbang Trinity F90Plus agar tidak mengarah pada obsctacle saat take off. Dimana fitur ini memang tidak ada di beberapa sistem yang sebelumnya digunakan oleh tim survey PT Agincourt. Dan fitur safety ini tentunya akan lebih meningkatkan safety flight procedure saat Take Off, Retransisi VTOL ke Fixed Wing sampai dengan Transit dari titik Retransisi ke Waypoint Awal.

FITUR TERRAIN FOLLOWING menjadi andalan untuk melakukan penerbangan di area perbukitan guna mempertahankan Ground Sampling Distance (GSD) Foto 5 cm/pixel di semua area, dimana pada point ini, diperlukan penerbangan drone yang benar-benar mengikuti terrain meskipun tidak persis sama sekali namun menentukan kualitas GSD yang sesuai dengan harapan tim survey PT Agincourt Resources.

Fitur terrain following bagi sebagian orang memang sangat riskan bahkan bagi yang belum pernah menggunakan Trinity F90Plus, ini menjadi hal yang sangat tabu, sehingga banyak pelaku bisnis lebih menawarkan resolusi kamera yang tinggi untuk mendapatkan GSD yang sesuai di harapkan. Dan aplikasi QBASE sangat membantu surveyor untuk menyusun rencana terbang. Dimana surveyor dapat melakukan input data Digital Elevation Model (DEM) mereka ke QBASE untuk menjadi dasar terrain yang terupdate, pasalnya pada QBASE masih menggunakan data Survey Radar for Topographic Mission (SRTM) atau data DEM yang dihasilkan oleh satelit dan terakhir terupdate di 20 an tahun yang lalu.

Dengan menggunakan fitur TRUE TERRAIN FOLLOWING, surveyor tidak perlu lagi mendalami ilmu pilot drone. Fitur Aerial Intelligence yang sudah diformulasi di QBASE sudah melakukan simulasi secara otomatis, sehingga surveyor hanya perlu melakukan adjustment jalur terbang untuk mendapatkan GSD sesuai standar mereka. Dan inilah yang dilakukan oleh tim survey di PT Agincourt Resources. Dimana pada saat commisioning test tersebut, PT Quantindo memilih untuk menguji flightplan mereka untuk dioperasikan tanpa ada adjustment yang rumit.

Dari sisi safety penerbangan, memang ditemukan penerbangan yang berada dibalik bukit atau posisi altitude Trinity F90Plus berada pada posisi minus 15-20 meter dari ketinggian take off yang berpotensi untuk menimbulkan crash saat pesawat secara otomatis menginisiasi coming home dari altitude terakhir. Untungnya, pada akhir tahun 2022 telah dilakukan update fitur Trinity F90Plus yakni SAFE RETURN PATH. Dimana Trinity akan melakukan adjustment jalur coming home ke altitude aman sesuai setup dari surveyor saat perencanaan, dan kembali ke titik home dengan selamat. Dengan adanya fitur ini, surveyor tidak perlu lagi khawatir untuk melakukan penerbangan rendah membawa sensor Lidar maupun Micasense yang membutuhkan altitude rendah.

Pada commisioning test, seluruh AOI akhirnya berhasil dipetakan dengan menggunakan rencana terbang yang dibuat oleh Senior Surveyor PT Agincourt Resources, dan dilakukan juga simulasi penerbangan dari beberapa titik take off sehingga mereka dapat menyusun Standar Operasi Akuisisi Data Foto Udara yang merujuk pada standar safety mereka.

Ada beberapa hal yang tentu diluar skenario dan akhirnya membuktikan kehandalan Trinity F90plus, diantaranya adalah :

  1. Hujan Dadakan, situasi ini dihadapi pada saat commisioning test, dan tentu bagi sebagian surveyor ini sangat membahayakan. Hanya saja Trinity ditarik kembali dengan tenang dan dikeringkan. Dan ini membuktikan, dengan menggunakan Magnetic Air Speed Sensor yang menghalang air masuk ke engine membuat Trinity lebih tahan terbang darurat dalam kondisi hujan. Namun tidak direkomendasikan untuk penerbangan normal saat hujan karena hasil data tidak akan bagus dan Trinity F90Plus belum berstandar IP54 ;
  2. Serangan kabut dadakan saat pesawat berada dialtitude minus dari altitude take off. Pada kondisi ini, surveyor harus menunggu Trinity F90Plus untuk berada pada altitude diatas altitude take off atau menunggu Trinity masuk ke fitur failsafe coming home sehingga menuju ke safe return path. Namun pada situasi saat commisioning test, penerbangan berjalan normal dan setelah dilakukan pengecekan foto, ternyata Trinity sudah berada didalam kabut dari waypoint awal sampai dengan 45 menit kemudian ditarik pulang. Pada kondisi ini, PT Quantindo menyarankan agar PT Agincourt melaksanakan kegiatan survey udara pada kondisi cuaca bagus.

Dari hasil commisioning test ini, Trinity F90Plus kembali memperlihatkan kepada Senior Surveyor di PT Agincourt terkait penanganan safety penerbangan yang sudah terintegrasi ke sistem Aerial Intelligence Quantum Systems yang terformulasi di QBASE, serta adanya algoritma yang rapi pada sistem autopilot saat penerbangan berlangsung, membuat para surveyor fokus pada perencanaan kegiatan survey dan kualitas data yang harus dihasilkan.

BERITA LAINNYA

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *